Rabu, September 14, 2011

Lay Djit Siong - Kampung Katak Pangkal Pinang

Konsep Project Hotel yang kami tangani.


Pada September 14 - 2011, DHDT architect mendapat kepercayaan untuk meninjau lokasi Bangunan Heritage di Pangkal Pinang Ex Rumah Kapiten Belanda yang tanah dibelakangnya akan direncanakan bangunan Hotel berbintang 4.

Bangunan ini sudah ratusan tahun usianya sehingga banyak bagian bangunan yang sudah rusak bahkan sekedar diberi sanggahan sementara agar tidak ambruk. Ruang lantai atas saat ini sudah tidak dipergunakan lagi.

Bangunan ini mempunyai gaya / langgam campuran antara melayu belanda dengan sebagian ornamen Cina.











Ruang Pemujaan bagi penganut agama KonFu Tsu masih dipertahankan, walaupun pemilik rumah sendiri tidak menggunakannya tetapi mungkin Nenek Moyang mereka yang menggunakannya.






Detail Handle Pintu & grendel











Detail Jendela Krepyak (sisi luar) & Jendela Kaca (sisi dalam). Keunikan dari jendela krepyak ini bisa digerakan agar terbuka atau tertutup. Dijamannya memang sangat umum seperti ini, bahkan detail seperti ini mulai digemari pada masa kini. Keunikan ini ditambah dengan iron mongery khusus yang telah tidak ditemukan dijaman sekarang.



Lantai terdiri dari beberapa jenis bahan. Sebagian ada yang dari Ubin PC 20x20 bermotif ada pula lantai kayu pada daerah kamar tidur.











Bersama Pemilik Rumah Heritage
Hongky Lie
(Didi-Danang-Verdy-Hongky)






Tidak ada komentar: